5 Tips Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Sudah banyak sekali orang yang mulai beralih ke investasi emas karena popularitasnya yang kian meninggi. Tak perlu khawatir lagi apabila Anda termasuk salah satu yang ingin berinvestasi di logam mulia ini namun tidak mengetahui caranya. Berikut ulasannya.

1. Pastikan Tujuan Investasi Emas

Sebelum memulai investasi emas, Anda harus memastikan bahwa untuk apa Anda berinvestasi dan tujuannya.

Cara invesatasi emas yang aman adalah dengan mengetahui baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak sekali tujuan yang bisa dijadikan target saat berinvestasi emas, seperti pendidikan, pernikahan, bahkan investasi hari tua.

Contoh, Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri dan penghasilan dari gaji Anda sebgaina disisihkan dan diinvestasikan ke emas.

Dengan tujuan yang jelas tersebut pun, Anda akan lebih tahu besaran emas yang akan diinvestasikan hingga pendapatannya.

2. Pantau Perkembangan Harga Emas Secara Berkala

Investasi emas yang berikutnya adalah dengan memantau perkembangan harga emas secara berkala, yang dimana hal mudah ini hanya memantau perkembangan harga emas melalui banyaknya situs-situs di internet di jaman sekarang ini.

Tak hanya internet yang menampilkan perkembangan harga emas tiap harinya, ada juga banyak aplikasi di ponsel yang menampilkan perkembangan harga emas.

Meskipun emas dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Anda pun bisa memiliki pilihan untuk menjualnya disaat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, namun perlu diperhatikan juga bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk investasi jangka panjang.

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Anda sebaiknya membeli emas di tempat yang menjualnya secara resmi dan terpercaya yakni menjual emas dengan menyertakan surat dan sertifikatnya.

Karena, ada banyak penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut hanya dengan cara cepat namun tidak disertakan sertifikat, hanya emasnya saja.

PT ANTAM adalah salah satu tempat yang terekomendasi dan Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor PT ANTAM atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi.

Anda pun bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya ini merupaakan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara yang tentunya penjualannya sangat terpercaya.

4. Simpan Emas Ditempat yang Aman

Selanjutnya, cara untuk investasi emas adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanannya. Yang dimana, Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman.

Yang paling mudah memanglah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau benda seperti safety box namanya.

Namun, jika masih kurang merasa nyaman, Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box yang ditawarkan oleh pihak bank.

Tentunya, dengan menggunakan SDB ada juga biaya tambahan yang diperlukan. Harga SBD juga relatif tergantung dengan banknya masing-masing.

5. Fokus Masa Depan

Anda yang berinvestasi harus memahami bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan, baik itu jangka pendek ataupun jangka panjang.

Maka dari itu, lakukan investasi termasuk investasi emas sangat memerlukan kesabaran dalam leihat hasilnya.

Investasi emas sangat cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru bisa terasa setidaknya 5-10 tahun yang akan datang.

Jadi ingatlah investasi bukanlah jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat.

Nah, itulah 5 tips investasi emas bagi para pemula. Hingga kini, emas masih menjadi favorit oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai alat investasi.

5 Tips Cara Investasi Emas Bagi Pemula