5 Tips Investasi Saham Jangka Pendek, Pemula Harus Tahu!

Saham merupakan salah satu instrument investasi yang cukup fleksibel. Karena, kalian bisa memilih untuk untuk berinvestasi saham jangka pendek ataupun jangka panjang. Pasar saham memang memungkinkan kalian untuk mendapatkan keuntungan dengan pilihan jangka waktu.

Jika kalian lebih nyaman berinvestasi jangka panjang, maka kalian bisa memilih instrument seperti tanah, emas, bangunan, reksa dana, hingga dana. Tetapi, kalau kalian berminat untuk investasi jangka pendek, kalian bisa mencoba deposito, saham, ataupun peer to peer lending (P2P lending).

Lalu, bagaimana sih cara memilih investasi saham jangka pendek? Yuk simak di bawah ini.

1.Mulai Dengan Modal Kecil

Saat ini kalian sudah bisa melakukan transaksi saham dengan model yang relative kecil. Kalian bahkan bisa memulai hanya dengan 10 ribu saja. modal kecil seperti ini sangat di anjurkan bagi kalian yang mau berinvestasi saham jangka pendek.

Bisa di bilang ini jadi momen untuk mengetes kemampuan kalian. karena makin kecil modal yang kalian pakai, makin kecil juga potensi kerugian yang bisa kalian alami. Dari modal yang kecil ini kalian bisa mengukur kemampuan sebelum mencobanya dengan modal besar.

2.Pelajari dan Awasi Pergerakan Saham

Kalian harus perdalami dulu ilmu – ilmu tentang pergerakan saham kalau mau berinvestasi jangka pendek. Untuk memulainya, kalian bisa amati pergerakan saham dengan analisis teknikal. Analisis ini akan membuat kalian mengerti bagaimana pergerakan saham dan kalian juga bisa memprediksi ke mana saham akan bergerak.

Bagi para pemula, hindarilah transaksi saham kalau tren saham saat itu sedang turun. Karena, biasanya hal ini terjadi karena trader sedang melepas saham hingga ke harga tertentu. Harga saham ini biasanya tak akan bergerak naik untuk beberapa waktu.

Kalian juga harus tentukan batas penahanan bawah serta batas penahanan atas di saat harga bergerak pada rentang harga yang kalian tetapkan. Hal ini di lakukan supaya kalian bisa mengambil keuntungan dan juga menghindari kerugian yang besar.

3.Jangan Ragu Cut Loss

Kerugian memang sangat di sesalkan. Namun jangan sampai kalian menahan kerugian kalian denganharapan nantinya bisa untung. Jika kalian mempunyai pikiran untuk menahan kerugian, bisa di pastikan kalau kalian tak akan cocok untuk jadi trader saham.

Kalau kalian melihat pergerakan saham terus menerus dalam tren yang menurun, maka kalian harus berani langsung menjual saham tersebut supaya kerugiannya tak lebih besar. Ini di namakan cut loss. Karena saat kalian sedang investasi saham jangka pendek, kalian tak bisa terpaku di satu saham dengan jangka waktu yang lama.

Melakukan cut loss ini berguna untuk kalian dapat menahan dari kerugian yang lebih besar. Selain itu, kalian juga jadi bisa langsung move on ke saham lainnya.

4.Hati – Hati Untuk Pemula

Jenis investasi ini butuh kemampuan pengamatan yang baik serta pengetahuan yang tinggi mengenai fluktuasi harga saham di dalam pasar modal. Jenis ini punya risiko tinggi di bandingkan jangka panjang. Tapi, di balik risikonya yang tinggi, trading saham juga bisa memberikan keuntungan atau imbal balik yang setimpal.

5.Menentukan Target Harga

Penting untuk kalian bisa menentukan target harga di dalam investasi saham jangka pendek. Prinsipnya, pasang target harga beli saham di dekat batas penahan bawah serta pasang target harga jual di batas penahan atas.

Penting untuk di catat, jangan pernah membeli saham di saat harga berada di batas penahanan atas. Karena besar kemungkinan kalau harga itu akan menurun dan yang kalian dapatkan hanya kerugiannya saja.

Itulah beberapa tips trading saham jangka pendek yang bisa kalian lakukan. Semoga bermanfaat.

5 Tips Investasi Saham Jangka Pendek, Pemula Harus Tahu!