5 Tips Menghadapi Saham Nyangkut Biar Gak Rugi Besar

Di dalam pasar moda, ada istilah saham nyangkut yang merupakan istilah bahwa artinya seorang investor tak mau menjual saham yang ia punya walaupun harga saham it uterus menerus mengalami penurunan.

Para investor itu tak mau menjual saham karena takut kerugian yang ia alami akan besar atau masih punya harapan supaya harga saham itu naik lagi. Selain membuat rugi secara nominal, saham nyangkut juga bisa membuat investor kehilangan kesempatan untuk berinvestasi pada perusahaan yang punya prospek lebih baik atau memakai dana modal saham itu untuk keperluan lain.

Lalu, bagaimana sih cara menghadapi saham yang nyangkut? Yuk coba simak di bawah ini.

1.Switching Saham

Switching Saham adalah cara yang paling mentok yang bisa kalian lakukan. Switching artinya kalian membeli saham yang lebih baik di bandingkan dengan saham sebelumnya. Switching Saham ini bisa di lakukan saat saham nyangkut dalam tren turun yang sangat buruk, fundamentalnya tak bagus, serta sulit mencapai keadaan baik dalam waktu dekat.

Investasi saham butuh waktu yang tepat supaya bisa cukup lama memperoleh keuntungan. Kalau tak melakukan Switching Saham, kalian mungkin perlu waktu lebih lama lagi untuk dapat keuntungan yang lebih baik. 

2.Jual Saham Secara Bertahap

Cut loss atau jual rugi saham terutama dengan nilai kerugian yang besar memang seringkali mempengaruhi kondisi psikologis dari para investor. Kalian bisa menjual langsung saham kalian kalau kerugiannya hanya 100.000 saja. namun, kalau keruhiannya bisa sampai 10 juta pasti akan sangat berat kan?

Kalau nilai kerugian yang harus kalian tanggung cukup besar, kalian bisa jual saham kalian yang nyangkut di sebuah perusahaan secara bertahap. Tujuannya adalah supaya psikologis kalian tak terganggu karena kaget dengan nilai investasi kalian yang tiba – tiba banyak berkurang.

3.Average Down

Strategi average down atau Dollar Cost Averaging merupakan sebuah strategi membeli lebih banyak saham saat harga saham itu turun dengan harapan saat harga saham itu naik lagi, keuntungan yang di peroleh bisa lebih banyak.

Walaupun kedengarannya menggiurkan tetapi strategi ini hanya bisa kalian gunakan ke saham dengan kondisi fundamental yang bagus sehingga kenaikan harganya bisa di harapkan.

4.Berharap Harga Saham Naik Lagi

Strategi ini bisa kalian pakai kalau kalian sudah tak bisa menerapkan strategi lainnya, risiko di dalam strategi ini adalah kalian bisa kehilangan kesempatan untuk membeli saham yang lebih baik atau memakai dana investasi kalian untuk keperluan lain dalam waktu yang tak bisa di tentukan.

5.Jual Saham Secara Keseluruhan

Kalian bisa juga jual saham tersebut secara keseluruhan, jika nilai keuntungan portofolio melebihi atau menyamai kerugian itu. Misalnya kalian berinvestasi di perusahaan XYZ dan membeli 100 lot saham mereka dengan harga per lot 100 ribu.

Lalu harga saham itu selama seminggu turun sampai 900 rupiah sehingga kerugian yang harus kalian tanggung adalah 1 juta. Kalian bisa jual 100 lot saham XYZ itu jika kalian memiliki keuntungan lain misalnya di saham ABC yang keuntungannya 1 juta lebih sehingga nilai portofolio kalian tak berubah secara keseluruhan.

Itulah berbagai tips mengatasi saham nyangkut yang bisa kalian coba lakukan supaya portofolio kalian tetap hijau dan enak di lihat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian para investor.

5 Tips Menghadapi Saham Nyangkut Biar Gak Rugi Besar